Gerakan Sup Ine

Sup Ine Melanesia
Home » , , , , , , » GempaR Papua menyatakan sikap, melolak kedatangan menkopolhukam ke papua.!

GempaR Papua menyatakan sikap, melolak kedatangan menkopolhukam ke papua.!

Written By Gerakan Sup Ine Melanesia on Rabu, 23 Maret 2016 | 05.52

pembacaan peryataan sikap penolakan kedatanagan menkopolhukam; oleh SEKJEN GEMPAR-(foto : Supine/SIM)



JAYAPURA---Berbagai aksi dilakukan guna menolak rencana kedatangan Menteri kordinator Politik, Hukum dan keamanan (Menkopolhukam) Rebublik Indonesia. Ada enam poin yang dibacakan saat aksi mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Pemuda Dan Rakyat Papua (Gempar) Papua. Waena, perumnas III,  Jayapura, Papua, Rabu (23/03/2016) Siang.

Berikut ini pernyataan sikap Gempar Papua.

Pertama, Menkopolhukam harus meminta maaf kepada rakyat Papua dan memnta maaf kepada Melanesian Spearhed Group (MSG) dan pernyataan itu juga melibatkan MSG dan  sangat melecehkan MSG sebagai lembaga rumpun Melanesian.

Kedua : Menkopolhukam atau Indonesia segera tuntaskan kasus pelanggaran HAM berat di tanah Papua selama pemerintahan Joko Widodo hingga pelanggaran HAM sejak penandatanganan ratifikasi anti kekerasan tahun 1998. (Biak, Wamena, Wasior, Paniai, hingga peristiwa berdarah lainnya).

Ketiga : pemerintah Indonesia segera membalas surat pimpinan Pasifik Island Forum (PIF), yang dalam sidang keputusannya akan mengirimkan tim pencari fakta ke West Papua sebagai solusi penyelesaian pelanggaran HAM yang bermartabat di tanah Papua.

Keempat : pemerintah Indonesia segera menerima perundingan Melanesian spearhead Group (MSG)sebagai langkah maju bagi rakyat Papua.

Kelima : tarik militer organik dan non organik dari tanah Papua dan stop penyisiran terhadap rakyat sipil di kabupaten Puncak Jaya, sebab penyisiran itu akan menyebakan pelanggaran HAM yang tidak dapat di selesaikan.

Keenam : Australia segera mengembargo bantuan militernya kepada polisi Republik Indonesia sebab, bantuan tersebut berujung pada sikap arogan militer yang selalu berujung pada sebuah pelanggaran HAM di tanah papua.


Sekertaris Jenderal Gerakan Mahasiswa Pemuda dan Rakyat Papua (GEMPAR).


(sup ine )

editor Janem Sup
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Translate



 
Support : Suara Pasema | Gerakan Akar Rumput | Your Link
Copyright © 2015. Sup Ine Melanesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Suara Pasema
Proudly powered by Blogger